Saturday, October 28, 2006

Kerak Telor


Snack buka puasa.
kali ini nyobain bikin kerak telor, ternyata kalau bikin dari beras gak enak jadinya, lalu bikin lagi dengan ketan yang sudah direndam..jadinya oche deh... sampai kata Bamby rasanya sampe pedes2nya sama dengan yang dibeli diBandung. Lega rasanya tuan2 suka, si mbah makan 3/4 nya.......(yang terpenting).

Ingredients:
5 sendok makan munjung beras ketan rendam dengan air panas 2 jam.
2 buah telur ayam
1 sdm ebi siap pakai
2 sdm serundeng
1 sdm bawang goreng

Directions:
taruh beras ketan yang sudah direndam dan dicuci pada wajan teflon, beri air kira2 1/2 cup, lebarkan agak menipis, taburi royco rasa apa saja/kaldu bubuk secukupnya, tutup dan masak dengan api kecil, biarkan sampai air mengering.

Kocok telur, masukkan ebi, dan garam sedikit, tuangkan pada ketan yang sudah mengering airnya, ratakan diatasnya/semua permukaan tertutup, taburi serundeng dan bawang goreng, tutup kembali masak hingga telor matang. Kalau ingin agak garing, bisa sisi2nya kerak tersebut diberi minyak goreng sedikit saja sekelilingnya.
Angkat dan sajikan panas2.

Ebi pedes :
Rendam ebi atau godog sebentar lalu haluskan dengan 1 siung bawang putih.
Tumis dengan sedikit saja minyak, ebi halus sambil diberi gula dan garam secukupnya juga cabe merah bubuk secukupnya, masak hingga ebi matang.

serundeng males :
kelapa parut, disangrai dengan bumbu, bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, beri gula, garam, daun jeruk, ketumbar. Jika suka bisa diberi terasi dan asam bubuk misalkan royco atau knorr instant.
Masak hingga kelapa mengering.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home