Thursday, October 19, 2006

Cakue Mini



Bahan :
500 gr terigu all purpose flour
1/2 sdm baking powder

1 sdt yeast
300 cc air
1 sdt gula
1 sdt garam
1/2 sdm bawang putih cincang
vetsin jika suka
merica sedikit.

Cara :
campur terigu dengan baking powder. masukkan dalam mixer besar dengan hook pengadon roti (kalau gak ada ya masuk kebaskom dan ntar diuleni tangan), masukkan gula dan gistnya campur rata, masukkan air suam2 dan biarkan tercampur agak rata, baru masukkan garam, merica, bawang putih, vetsin jika suka.
uleni hingga kalis. diamkan 30 menit (tutup serbet/palstik cling wrap), uleni kembali 5menit, lalu biarkan hingga mengembang hampir 2 kalinya selama minimal 6 jam, tanda sudah cukup mengembang dari adonan elastis mudah ditarik.
Bagi 4 adonan, gilas agak tipis sambil ditaburi terigu, potong persegi 4 seperti pita besarnya/panjangnya sesuai selera besarnya.
Ambil dua potong adonan lalu tempelkan dan tekan dengan tusuk sate agar menempel satu sama lain, goreng dalam minyak banyak dan panas.

Sajikan dengan saus manis pedas....botolan ajah biar cepet...

Cara memotong adonan menjadi cakue ( foto) bisa dilihat di pembuatan cakue

3 Comments:

At 2:13 PM, Blogger Ummu Faaza said...

assalamu'alaikum...salam kenal bunda. Saya lg belajar bikin cakue, kebetulan dr Mr. Google dpt blog bunda. Agak bingung nih, ada yg bilang musti pake baking powder n baking soda. Ada yg bilang mst tambah amoniak. Eh, di blog bunda dpt ilmu lg musti pake yeast instan. Tapi resep bunda layak di coba nih...kalo liat fotonya kyknya dijamin sukses he3. Oya bunda, boleh gak saya tau step by step cara memotong and menggoreng cakuenya...pengen bikin u klg di rumah, itung2 obat kangen ke tanah air... Ini alamat email sy ffa_azhiima@yahoo.com
Makasih sebelumnya.

 
At 6:55 AM, Blogger Jeef said...

as. pengen lihat step by step photo pembuatan cakue mininya mbak : ini alamat email nya : plukman007@gmail.com
terimaksih sebelumnya. Wassalam

 
At 12:11 PM, Blogger yanggi said...

assalami'alaikum... salam kenal. nama saya yanggi. saya seorang masiswa di salah satu universitas negri di palembang. keluarga saya sangat suka sama cakue mini. dari zaman kake saya hingga zaman saya sekarng belum pernah mendapatkan hasl yang sempurna dalam membuat cakue. selalu gagal ( gak ngembang) dan rasannya gak pas. sudah berpuluh-puluh resep dicoba tp hasilnya selalu gagal. kayaknya resep bunda boleh di coba dan klo boleh saya ingin melihat step by step pembuatan cakue bunda.
ini alamat email saya.
syo_yanggi@yahoo.co.id

mohon bantuannya ya. saya dan keluarga saya mengharapkan bantuannya. terima ksih. :)

 

Post a Comment

<< Home